October 23, 2021

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

INFOGRAFIS: Perkembangan Data Pandemi Covid-19 Pekan Terakhir

Total kasus positif corona (Covid-19) di Indonesia pada hari Kamis (28/5) kembali meningkat. Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 687 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari terakhir.

ManggaraiPost – Pemerintah kembali menginformasikan data perkembangan pandemi Covid-19 atau virus corona di Indonesia. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyampaikan update perkembangan Covid-19 dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (28/5/2020) sore.

Total kasus positif corona (Covid-19) di Indonesia pada hari Kamis (28/5) kembali meningkat. Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 687 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari terakhir. Angka kasus baru itu lebih banyak dibandingkan jumlah kasus yang terdata pada Rabu kemarin.



Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diumumkan pada Kamis sore, 28 Mei 2020 menunjukkan total jumlah kasus positif corona di Indonesia telah mencapai 24.538 pasien. Angka kesembuhan pasien positif corona di Indonesia juga bertambah 183. Hingga kini total kasus sembuh dari penyakit Covid-19 sudah sebanyak 6.240 orang atau 25,4 persen dari total kasus. Sedangkan jumlah pasien positif corona yang meninggal di Indonesia sebanyak 1.496 jiwa.

BACA  PLN Perpanjang Diskon Tambah Daya “Super Merdeka” untuk UMKM dan IKM

INFOGRAFIS:



Tercatat ada tambahan 23 kasus kematian baru dalam sehari belakangan. Indonesia saat ini masih memiliki 16.802 pasien positif corona yang berstatus sedang menjalani perawatan dan isolasi. Jumlah itu setara dengan 68,5 persen dari total kasus positif Covid-19 yang sudah ditemukan di seluruh tanah air.

Saat mengumumkan update data itu, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto juga menjelaskan rencana pemerintah memberlakukan ketentuan soal kenormalan baru (New Normal). Dia mengklaim “tatanan kenormalan baru” diperlukan agar masyarakat tetap bisa produktif sekaligus aman dari penularan Covid-19.

“Basis dari kenormalan baru ini adalah bagaimana kita beradaptasi terkait dengan sebaran Covid-19,” kata Yurianto dalam konferensi pers pada hari Kamis (28/5).

BACA  Seorang PDP Covid-19 Meninggal di RSUD Ben Mboi Ruteng

Adaptasi dilakukan meningkatkan disiplin masyarakat dalam melakukan pencegahan, yakni jaga jarak fisik satu sama lain lebih dari satu meter, tidak berkerumun, memakai masker serta rutin mencuci tangan memakai air mengalir dan sabun. Langkah-langkah pencegahan tersebut, kata Yurianto, perlu menjadi budaya dan gaya hidup baru masyarakat di Indonesia.

Sumber: covid19.go.id