October 23, 2021

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Manfaat Bunga Telang Biru, Si Cantik yang Menyehatkan di Kebun Titin Dullah

Bunga Telang atau Kembang Telang merupakan tanaman merambat yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bunga berwarna biru terang ini ternyata selain untuk pewarna makanan, saat ini populer digunakan sebagai bahan minuman layaknya teh.

ManggaraiPost, Ruteng – Berkebun merupakan salah satu alternatif kegiatan yang bisa kita lakukan dalam mengisi kebosanan ketika harus berada di rumah ditengah pandemi covid-19.

Selain mengisi kebosanan, berkebun juga bisa memiliki manfaat yang lain baik dari segi kesehatan fisik maupun mental.



Berkebun dianggap sebagai aktivitas yang menenangkan, ramah keluarga, serta bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan harian di tengah krisis pandemi.



Salah satunya yang sudah memiliki hobi berkebun di tengah pandemi adalah Titin Dullah, Ketua Rt/Rw: 001/002, Kelurahan Lawir, Kecamatan langke Rembong, Kabupaten Manggarai, mulai membudidayakan bunga Telang Biru.

BACA  Polisi Bekuk Maling Handphone di Manggarai

Bunga Telang atau Kembang Telang merupakan tanaman merambat yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bunga berwarna biru terang ini ternyata selain untuk pewarna makanan, saat ini populer digunakan sebagai bahan minuman layaknya teh.

Butterfly Pea, begitu orang Eropa biasa menyebutnya dan membuatnya memiliki nilai ekonomis selain sebagai bunga hias.

Mengenai rasa, sebenarnya sangat berbeda dengan teh pada umumnya. Malahan cenderung tawar rasanya. Namun lantaran cara meminumnya dengan diseduh, maka banyak orang menamainya teh bunga Telang.

Titin Dullah, menjadi satu-satunya pembudidaya bunga Telang Biru di Ruteng. Konon pada mulanya bunga Telang digunakan untuk obat tetes mata. Dan baru sekarang mulai diketahui manfaatnya sebagai minuman, pewarna alami makanan bahkan dipercaya terdapat kandungan yang baik bagi kesehatan.

BACA  Buronan Kasus Curanmor di Ruteng Akhirnya Tertangkap

Titin mulai membudidayakan bunga Telang Biru pada bulan Maret tahun 2020. Ia menilai bunga telang mudah dari segi perawatan.

“Tidak ada perawatan khusus, hanya dikasih pupuk kandang dan disiram pagi dan sore”, tutur Titin.

Luas lahan milik Titin yang ditanami bunga Telang Biru ini sekitar 2 x 10 meter. Hasil budidaya bunga Telang Biru bahkan telah dipasarkan pada awal bulan Juni tahun ini.

“Banyak orang yang membutuhkan bunga Telang ini, 1 kuntumnya Rp.500”, kata Titin.

Lebih lanjut Titin mengatakan akan memperkenalkan budidaya Bunga Telang Biru ini kepada ibu PPK Kelurahan Lawir, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

“Ini mau rencana buat lagi, diperbanyak nantinya kepada ibu PPK Kelurahan Lawir untuk pemberdayaan ekonomi keluarga, apalagi ditengah krisis Pandemi Covid-19” paparnya.