January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Panwascam Langke Rembong Bekali PKD dengan Bimtek Mekanisme Pengawasan Tahapan Pilkada 2020

Bimtek Mini ini diselenggarakan dengan tujuan agar PKD dapat melaksanakan tugasnya secara profesional di tengah ancaman wabah Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2020.

ManggaraiPost, Ruteng – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Langke Rembong, Kabupaten Manggarai menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Mini bagi Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Langke Rembong, Selasa (23/6/2020) di Kantor Panwaslu Kecamatan Langke Rembong.

Ketua Panwascam Langke Rembong Narsi Paus menjelaskan, Bimtek Mini ini diselenggarakan dengan tujuan agar PKD dapat melaksanakan tugasnya secara profesional ditengah ancaman wabah Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2020.



“Kami merasa sangat penting memberikan materi pengawasan terkini kepada PKD agar mereka dapat bekerja dengan maksimal. Kami melaksanakan Bimtek Mini ini sesuai dengan protokol kesehatan. Peserta wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan lain-lain. Atas dasar protokol kesehatan ini maka jumlah peserta setiap sesi dibatasi, ” kata Narsi.

BACA  PNS Dilarang Bepergian Selama Libur Paskah

Narsi mengatakan, Bimtek mini ini dilaksanakan dalam 4 sesi. Sesi I dan II telah dilaksanakan pada hari Senin (22/6/2020) kemudian dilanjutkan pada hari ini untuk Sesi III dan IV.

Materi pengawasan yang disuguhkan dalam Bimtek mini ini antara lain: penggunaan aplikasi zoom, pengisian form pengawasan secara manual dan online, strategi dan fokus pengawasan di tengah covid 19, bedah kalender pengawasan, pemetaan titik rawan setiap tahapan serta pengawasan netralitas ASN.

“Aplikasi zoom merupakan aplikasi yang direkomendasikan Bawaslu untuk kita manfaatkan dalam rapat-rapat ke depan. Oleh karena itu, kita harus tahu, paham dan akrab dengan aplikasi ini. Hari ini kita harus menginstal aplikasi ini lalu coba mempraktikan penggunaannya,” kata Narsi.

BACA  Gaji Ke-13 PNS Diperkirakan Cair Sekitar November 2020
Anggota Panwaslu Kelurahan Desa sedang mengikuti Bimtek Mekanisme Pengawasan Tahapan Pilkada 2020

Sementara itu Koodinator Divisi Hukum Penindakan Penanganan Pelanggaran dan Sengketa, Tedy Jeo menjelaskan kepada peserta tentang titik rawan setiap tahapan dalam penyelenggaraan Pilkada serta strategi dan fokus pengawasan.

“Setiap tahapan itu ada titik rawannya. Misalnya pada tahapan pemutakhiran data pemilih. Titik rawan di sana yaitu soal kepatuhan dan ketaatan petugas, ketelitian, dan ketepatan waktu pelaksanaannya. Terhadap hal ini, kita harus menerapkan strategi pengawasan melekat, pengawasan langsung untuk mencegah terjadinya masalah,” jelas Tedy.

Kegiatan ini diakhiri dengan seremoni penyerahan Surat Keputusan (SK) pengaktifan kembali Panwaslu Kelurahan/Desa.

[Tim]