January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

PPK Satarmese Utara bersama Komisioner KPU, Rikardus Pentor

PPK Satarmese Utara Bekali PPS dan PPDP dengan Bimtek Mutarlih

"Kami pastikan untuk pemilih yang memenuhi syarat di kecamatan Satarmese Utara terakomodir dalam daftar pemilih", kata Tarsi.

ManggariPost, Ruteng – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih di wilayah Kecamatan Satarmese Utara, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Satarmese Utara gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih), Sabtu (11/07/2020).

Dalam pemaparan materi bimtek Ketua PPK Satarmese Utara, Tarsisius Ndarung mengatakan kegiatan coklit merupakan bagian sangat penting dalam pelaksanaan pilkada yang puncaknya dilaksanakan pada 9 Desember nanti.



“Coklit sangat menetukan aman dan tidaknya pilkada 2020. Kalau pencatatan kita baik, berarti minimalisir kekeliruan data hasil penetapan nanti. PPS tolong dampingi baik-baik PPDP, karena SK mereka hanya 1 bulan saja. Teman-teman tolong serius dalam kerja. Yang tidak memenuhi syarat (TMS) wajib dicoret (dari daftar pemilih -red)“, jelas Tarsi.

BACA  Polres Manggarai Amankan Pelaku Curanmor Asal Bangka Kenda, Wae Rii

Sementara itu komisioner KPU, Rikardus Pentor menegaskan tentang kewajiban PPS dan PPDP mengikuti protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas coklit pada pemutakhiran data pemilih.

“PPS dapat BPJS, petugas pemutakhiran wajib mengikuti protokol kesehatan. Tahap 1 Tgl 14 Juli ada rapid test untuk PPDP; tahap 2 di KPU untuk PPK dan KPU; tahap 3 untuk KPPS sebelum pungut hitung dan selanjutnya akan disiapkan APD”, tegas Rikard.

Lebih lanjut, Rikard menekankan tentang pelaksanaan coklit dengan mengikuti petunjuk pada buku panduan PPDP. Coklit dilaksanakan dengan metode sensus.

“Coklit dengan metode sensus dari rumah ke rumah. Jangan bekerja di rumah saja. Jangan mendistribusikan kewenangan PPDP kepada orang yang tidak berwenang. Pastikan teman-tan bangun koordinasi dengan baik antara PPS, PPDP maupun dengan PKD (Pengawas Kelurahan/Desa -red)”, tandasnya.

BACA  Gadis 16 Tahun di Manggarai Diperkosa Sopir Travel

Ditemui usai pelaksanaan bimtek, Ketua PPK Satarmese Utara Tarsisius Ndarung mengungkapkan, pelaksanaan bimtek merupakan langkah awal untuk membekali PPDP dengan petunjuk teknis pelaksanaan tugasnya dalam kegiatan coklit yang secara serentak dilaksanakan pada 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

“Tadi kita sudah melaksanakan bimtek itu merupakan langkah awal untuk memperkuat teman-teman PPDP agar melaksanakan tugasnya sesuai dengan petunjuk dalam buku kerja mereka. Kemudian, kami pastikan pemilih untuk Satarmese Utara tidak ada yang terlewatkan. Tadi, PPDP sudah dibekali dengan baik, materi sudah sangat detail kami jelaskan pada mereka sehingga kami pastikan untuk pemilih yang memenuhi syarat di kecamatan Satarmese Utara terakomodir dalam daftar pemilih. Kami sampaikan kepada mereka untuk perkuat koordinasi antara teman-teman PPS bersama PPDP dengan Pengawas Desa”, ungkapnya.

BACA  Lantik 7 Pejabat Tinggi Pratama, Wagub NTT Berharap Ada Perubahan yang Lebih Baik

Untuk pelaksanaannya nanti (pencocokan dan penelitian data), lanjut Tarsi, KPU sudah mengadakan APD untuk setiap PPDP. Jadi mereka itu dari rumah ke rumah lengkap dengan APD. Kami upayakan supaya mereka tidak masuk dalam rumah tapi bertemu di teras atau halaman untuk menghindari. Kemudian tanggal 14 – 15 Juli pelaksanaan rapid test.

Tarsi juga menyampaikan tentang program Klik Serentak pada tanggal 15 Juli yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengecek apakah telah terdaftar dalam data pemilih. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

“Tanggal 15 Juli Klik Serentak “, tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut komisioner KPU, PPS dan PPDP serta komisioner panwascam Satarmese Utara yang turut hadir mengawasi pelaksanaan kegiatan bimtek.

Editor: Jy