January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Ketua Bawaslu NTT, Thomas Mauritius Djawa, SH bersama ketiga Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai.

Thomas Djawa Minta Bawaslu Manggarai Tingkatkan Inovasi Pengawasan

"Inovasi-inovasi pengawasan yang dilakukan oleh teman-teman Bawaslu Manggarai luar biasa, saya harus apresiasi untuk teman-teman kabupaten Manggarai. Hampir setiap tahapan kegiatan di Bawaslu kabupaten Manggarai bisa terpublikasi dengan baik", ungkap Thomas.

ManggaraiPost, Ruteng – Ketua Badan Pengawas Pemilu Propinsi Nusa Tenggara Timur, Thomas Mauritius Djawa, SH, meminta tingkatkan inovasi pengawasan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten Manggarai.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu NTT tersebut ketika melakukan supervisi dan monitoring persiapan pengawasan tahapan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Manggarai, pada hari Jumat(10/07/2020)



“Inovasi-inovasi pengawasan yang dilakukan oleh teman-teman Bawaslu Manggarai luar biasa, saya harus apresiasi untuk teman-teman kabupaten Manggarai. Hampir setiap tahapan kegiatan di Bawaslu kabupaten Manggarai bisa terpublikasi dengan baik. Ini harus tetap dipertahankan dan harapan saya harus lebih baik lagi dan munculkan inovasi-inovasi yang baik dan terbaru di tahapan pemilihan tahun 2020 ini”, ungkap Thomas.

BACA  Jatanras Polres Manggarai Ringkus Pencuri Asal Lengko Ajang

Thomas juga menyampaikan bahwa pengawas bukan hanya melakukan hal-hal teknis pengawasan tetapi juga bertanggung jawab mempublikasikan kerja pengawasan.

“Dan itu sebenarnya tugas kita tidak hanya melakukan hal-hal teknis terkait dengan pengawasan, publik juga harus tahu bagaimana kerja kita. Hal ini menjadi contoh berapa kabupaten lain bagaimana me-manage pengawasan terkait tahapan-tahapan pemilihan, juga bagaimana bertanggung jawab terhadap pengelolaan institusi, tugas dan tanggung jawab yang melekat karena saat ini Bawaslu kabupaten bukan panitia ad hoc lagi tetapi badan permanen yang harus melaksanakan program kegiatan seperti yang sudah dilakukan oleh teman-teman Bawaslu Kabupaten Manggarai”, paparnya.

Ketua Bawaslu NTT bersama Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai dan Panwascam se-Kabupaten Manggarai.

Selain meminta inovasi pengawasan pada tahapan pemilihan di kabupaten Manggarai, mantan komisioner KPU Kabupaten Ngada tersebut mengapresiasi kinerja Bawaslu Manggarai pada pengawasan tahapan pemilu tahun 2019 lalu.

BACA  Tinjau Kawasan Industri Batang, Presiden Jokowi: Buka Lapangan Kerja Sebanyak-Banyaknya

“Saya apresiasi buat teman-teman Bawaslu Kabupaten Manggarai, ada banyak penghargaan-penghargaan yang teman-teman dapatkan dalam kegiatan tahapan-tahapan Pemilu sebelumnya. Apresiasi teman-teman Bawaslu juga terutama manajemen pengelolaan pengawasan khususnya di tiga divisi ini. Soliditas yang kami rasakan luar biasa. Teman-teman bertiga saling mengisi artinya tidak berjalan masing-masing tetapi saling koordinasi di antara divisi kemudian juga tidak melepas teman-teman kesekretariatan jalan sendiri. Ini satu lembaga yang memang hanya 2 kamar dan saya merasa mereka ini luar biasa dalam pengelolaan pengawasan yang ada di Kabupaten Manggarai”, Puji Thomas.

Foto bersama Ketua Bawaslu NTT bersama sejumlah staf Bawaslu Kabupaten Manggarai.

Sebelum mengakhiri kegiatan bersama jajaran Bawaslu Manggarai, Thomas juga menghimbau agar dalam pengawasan tahapan pemilihan penyelenggara tetap mengikuti protokol kesehatan.

BACA  Terapi Air Keramat dan Arung Jeram, Paket Wisata Baru di Desa Golo Loni

“Untuk penyelenggara pemilu, situasi ditengah pendemi ini agar tetap mengikuti protokol kesehatan. Kemudian saya berharap, pemerintah juga mempunyai kewajiban untuk memastikan kenyamanan juga untuk penyelenggara. Karena, memang terkait dengan tahapan pemilihan ini tugas dan tanggung jawab kita semua; bukan hanya tugas dan tanggung jawab Bawaslu, sehingga support dan fasilitasi teman-teman penyelenggara itu. Karena keberhasilan pemilu bukan hanya keberhasilan KPU dan Bawaslu saja tetapi keberhasilan semua stakeholder yang ada di Kabupaten Manggarai”, tuturnya.

Menutupi kegiatannya, Thomas berpesan kepada jajaran penyelenggara pemilu untuk tetap jaga kesehatan dengan protokol kesehatan; profesional dalam melaksanakan tugasnya; dan jaga integritas yakni jauh dari kepentingan politik praktis sehingga kualitas penyelenggaraan pemilu ini bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Tutupnya.

Editor: Jy