January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Kegiatan Coklit di Rumah Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, M.Pd. Jumat (31/7/2020).

Hari Ke-17 Pelaksanaan Coklit, Ketua Bawaslu Manggarai Dikunjungi PPDP

Ketua Bawaslu Manggarai berharap agar PPDP bekerja lebih maksimal lagi dengan sisa waktu yang ada.

ManggaraiPost, Ruteng – Hari ke-17 pelaksanaan kegiatan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (Coklit), Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, M.Pd dikunjungi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di rumahnya di Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai pada Jumat 31 Juli 2020.

Coklit merupakan salah satu kegiatan dalam tahapan Pemutakhiran Data Pemilih pada penyelenggaraan Pikada Serentak 2020. Coklit dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih) dengan menemui pemilih secara langsung dari rumah ke rumah atau door to door selama 30 hari dimulai sejak tanggal 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020.



Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia, M.Pd saat diwawancara media ini mengatakan bahwa seluruh kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih di rumahnya telah berjalan sesuai regulasi yang ada.

BACA  Kampanye di Satar Mese, Agus Kabur: Pilih Bupati Bukan Pilih Keluarga

“Di sini, PPDP sudah melakukan coklit sesuai tata cara dan mekanisme coklit. PPDP juga telah mematuhi standar Protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya”, katanya.

Selain itu, mantan Dosen STKIP ini juga berharap agar PPDP bekerja lebih maksimal lagi dengan sisa waktu yang ada.

Sementara itu, Ketua Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Langke Rembong, Narsisius Y. Paus yang juga hadir untuk mengawasi kegiatan coklit di rumah Ketua Bawaslu Manggarai tersebut mengatakan bahwa Panwascam hadir untuk mengawasi kegiatan coklit yang dilaksanakan PPDP untuk memastikan agar pelaksanaannya sesuai dengan regulasi yang ada.

“Dari kemarin Panwascam melakukan pengawasan langsung ke beberapa kelurahan untuk memastikan PPDP bekerja sesuai mekanisme, tatacara dan prosedur coklit. Di Satar Tacik kemarin PPDP melakukan coklit sesuai aturan, di Wali juga begitu. Tadi kita ke Waso untuk monitor kegiatan pengawasan dari PKD Waso. Hasilnya yang bersangkutan menjalankan tugas dengan baik”, kata Narsi.

BACA  BREAKING NEWS: Kasus Korupsi Dana Bos, Kejari Manggarai Datangi Kantor BKD
Ketua Bawaslu Manggarai bersama Panwascam Langke Rembong.

Dalam kegiatan pengawasan, lanjut Narsi, Panwascam melakukan uji petik di beberapa rumah untuk memastikan kegiatan Coklit yang dilaksanakan PPDP telah sesuai dengan mekanisme yang ada.

”Kita uji petik kegiatan coklit di beberapa rumah yang dikunjungi PPDP. Hasilnya, PPDP telah bekerja sesuai regulasi. Tadi sore di Tenda tepatnya di TPS 006, Panwascam temukan di salah satu rumah ada satu keluarga yang tidak didata seluruhnya. Padahal masih ada wajib pilih yang harus dicoklit. Harusnya ada 2 stiker yang ditempelkan, tapi PPDP hanya menempel 1 stiker saja. Langsung Panwascam koordinasi dengan PPK agar segera perbaiki data tersebut sehingga menjadi 2 stiker pada rumah tersebut. Satu stiker diisi 3 pemilih, satunya lagi diisi 2 pemilih”, jelasnya.

BACA  Sehari Jelang Lepas Jabatan, Bupati Deno Resmikan Gedung Baru PDAM Tirta Komodo

Menurut Narsi, Panwascam mengawasi kegiatan coklit untuk memastikan hak pilih masyarakat terakomodir dan juga menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan secara lansung.

“Jadi, panwascam ke lapangan selain untuk menegakan aturan coklit juga untuk menjaga hak pilih masyarakat serta menyelesaikan masalah yang ada secara langsung di tempat”, tutupnya.

Kontributor: Benny
Editor: Jy