January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Marta Muslin Tulis, Pemerhati Lingkungan. (Foto: ManggaraiPost)

Marta Muslin Tulis Minta Perusahaan Beri Pelatihan Desain Bisnis kepada Masyarakat Lengko Lolok

Marta Tulis meminta perusahaan untuk memberikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan para pekerja lokal di Lengko Lolok

ManggaraiPost, Borong – Pemerhati lingkungan, Marta Muslin Tulis meminta kepada perusahaan untuk memberikan pelatihan desain bisnis dan desain investasi kepada masyarakat Lengko Lolok yang terkena dampak kegiatan tambang batu gamping.

Hal itu dikatakannya saat menyampaikan masukan dan saran sebagai pemerhati lingkungan pada kegiatan konsultasi publik dalam rangka penyusunan Amdal rencana penambangan batu gamping di Lengko Lolok. (Sabtu, 12/09/2020).



Menurut Marta, pemberian pelatihan desain bisnis dan desain investasi dapat meningkatkan usaha masyarakat Lengko Lolok dalam meningkatkan perekonomiannya. Karena itu, ia meminta kepada perusahaan untuk mengupayakan pemberian pelatihan kepada masyarakat.

BACA  BPBD Beri Bantuan 35 Sak Semen bagi Korban Bencana di Rahong Utara

“Terus kemudian, masyarakat yang terkena dampak itu dikasih pelatihan pengelolaan, tidak ada hal yang baru sebenarnya. Hanya mungkin, kembali lagi kalau background-nya mereka, di sini kan ada tenun, ada pertanian. Bagaimana kemudian diusahakan perusahaan memberikan pelatihan desain bisnis, desain investasi supaya ada hal-hal yang mungkin mereka tidak lihat”, katanya.

Marta berharap agar kehadiran perusahaan nanti dapat memberikan nilai tambah dan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Lengko Lolok.

Selain itu, ia juga menyoroti soal peningkatan kapasitas pekerja lokal dan meminta perusahaan untuk memberikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan para pekerja lokal di Lengko Lolok.

Ia menegaskan bahwa dirinya sebagai aktivis lingkungan, pro pada rencana pembangunan yang berkelanjutan dan pembangunan jangka panjang.

BACA  Belum Dialiri Listrik, 42 Kampung di LAUT Butuh Perhatian Pihak PLN

“Saya memang aktivis lingkungan, tapi saya pro sustainability (pro keberlanjutan), pro kehidupan jangka panjang. Jadi, terlepas dari bahwa saya berpikir tentang dampak lingkungan dari rencana tambang ini. Saya tidak pro dan tidak kontra. Makanya saya datang di sini sebagai  tim independen”, tandasnya.

Kontributor: Polce
Editor: Jy