January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Labuan Bajo Diharapkan Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Pada kesempatan itu atas nama pejabat Pemprov NTT, Wagub Josef mengungkapkan rasa kebanggaanya atas kebijakan pemerintah pusat itu.

ManggaraiPost, Borong – Menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Labuan Bajo diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Wagub Josef A. Nai Soi mengatakan bahwa perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Labuan Bajo diharapkan dapat menjadi harapan untuk pemulihan ekonomi nasional pasca krisis akibat COVID-19 yang melanda dunia saat ini, khususnya Indonesia.



Hal tersebut dijelaskan oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef A. Nai Soi, pada kunjungan kerjanya mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat (23/10/2020).

Pada hari Kedua mendampingi Menpan-RB di Labuan Bajo, Wagub NTT mengapresiasi perhatian Pemerintah Pusat terhadap pembangunan infrastruktur ekonomi di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Labuan Bajo yang telah ditetapkan sebagai kota Wisata Super Premium.

BACA  NTT Pringkat Tiga Terbaik Se-Indonesia Program IGA

Pada kesempatan itu atas nama pejabat Pemprov NTT, Wagub
Josef mengungkapkan rasa kebanggaanya atas kebijakan pemerintah pusat itu.

Wagub NTT mengatakan bahwa sebelum Presiden Jokowi menetapkan Kota Labuan Bajo sebagai tujuan wisata dunia, kota di ujung barat pulau Flores itu kurang diminati oleh para wisatawan.

“Dulu sebelum Pak Joko Widodo menjadi presiden, daerah ini kurang diminati tapi setelah menjadi presiden, beliau menetapkan Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Super Premium. Saya bersama Pak Gubernur turut berbangga atas kebijakan tersebut. Selamat datang Pak Menteri bersama rombongan dan selamat menikmati alam NTT,” jelas Wagub Josef.

Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Josef A. Nai Soi berharap Kota Labuan Bajo bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, “Yang mana didalamnya termasuk wilayah Taman Nasional Pulau Komodo,” jelasnya.

BACA  Terkait Peristiwa di Satar Loung, Tim Hukum H2N Disebut Putar Balik Fakta

“Pengembangan pariwisata daerah menjadi prioritas meningkatkan ekonomi daerah itu yang selanjutnya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Wagub Josef.

Untuk diketahui adapun agenda hari kedua (Jumat, 23/10/2020) pada kunjungan kerja Menpan-RB Tjahjo Kumolo di Labuan Bajo yaitu melakukan kegiatan Raker Paguyuban Kementrian PANRB dalam rangka Akselerasi Reformasi Birokrasi.

Pada kegiatan itu Wagub Josef Josef A. Nai Soi, dalam sambutannya mengapreasiasi pelaksanaan Raker Kementerian PANRB di Labuan Bajo.

“Atas nama Rakyat NTT, saya bersama Pak Gubernur menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pak Menteri yang telah mendukung mewujudkan daerah ini sebagai Destinasi Wisata Premium dengan menentukan Labuan Bajo sebagai lokasi Raker Paguyuban Kementrian PANRB dalam rangka Akselerasi Reformasi Birokrasi di Indonesia,” ungkap Wagub Josef.

Sedangkan Menpan-RB dalam sambutanya pada kegiatan Reker tersebut, memaparkan hal penting hasil evaluasi Birokrasi yaitu berkaitan dengan menjaga ketahanan nasional dan Tata Kelola Pemerintahan untuk mencapai akselerasi Reformasi Birokrasi. Hal tersebut Kata Menpan-RB harus menjadi perhatian bersama.

BACA  Bina Daerah Wisata, Menpan-RB Berharap Citra Polisi Manggarai Barat Diubah

“ASN mesti profesional dan melaksanakan pelayanan sesuai ketentuan yang berlaku.Hasil evaluasi terhadap birokrasi, ada 2 hal yang menjadi perhatian yakni ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan akselerasi Reformasi Birokrasi,,” tegas Menteri Tjahyo.

Sedangkan hari pertama berada di Labuan Bajo, Menpan-RB kunjungi unit pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Polres Manggarai Barat.

Menpan-RB berharap indeks layanan publik di dua tersebut dapat didorong agar lebih baik lagi. Pasalnya, berdasarkan evaluasi tahun 2019 yang dilakukan unit kerja Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, DPMPTSP Kabupaten Manggarai Barat meraih kategori C- (Cukup).

Penulis: Yohanes Marto.