January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Pemasangan Jaringan Listrik PLN di Dusun Neros, Warga Bersyukur

"Intinya, masyarakat Dusun Neros mengikuti instruksi dari PLN melalui sosialisasi-sosialisasi yang pasti dari pihak PLN demi menyukseskan pengerjaan jaringan listrik PLN ini masuk Dusun Neros," tandas Paul.

ManggaraiPost, Borong – Habis gelap, terbitlah terang. Begitulah ungkapan yang cocok bagi masyarakat Dusun Neros, Desa Paanleleng, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur menyambut kegiatan Sosialisasi Perluasan Jaringan Perusahan Listrik Negara (PLN). (Jumat, 23/10/2020).

Ketersediaan supply listrik hingga pelosok desa merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktifitas masyarakat.



Salah satu indikator kemajuan suatu daerah adalah ketersediaan pasokan tenaga listrik yang memadai demi menunjang aktivitas masyarakat. Hampir di semua sektor maupun bidang usaha yang menjadi penggerak roda perekonomian daerah sangat bergantung pada ketersediaan listrik.

Dalam sosialisasi perluasan jaringan PLN seluruh masyarakat Dusun Neros sangat antusias, karena selama ini mereka sangat merindukan kehadiran dari Program Indonesia Terang (PIT).

BACA  Presiden Jokowi Serahkan Hewan Kurban Secara Simbolis di Masjid Istiqlal

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan oleh pihak PLN dan dihadiri Pemerintah Desa Paanleleng, tokoh pendidik, tokoh masyarakat dan warga Dusun Neros.

Tarsious Homo, Staf Pengawas PLN UP2K Flores mengatakan, “Hari ini Kami datang untuk mensosialisasikan peluasan jaringan PLN kepada masyarakat Desa Paanleleng khususnya Dusun Neros, sekaligus untuk membicarakan tentang pembebasan lahan yang dilewati jalur jaringan listrik tersebut.”

Sosialisasi perluasan jaringan PLN Disusun Neros Desa Paanleleng

Harapan dari pihak PLN agar masyarakat lebih cepat menikmati penerangan listrik, karena yang mereka tahu selama ini desa Paanleleng sudah dialiri listrik tersebut. Namun, realita yang ada di Dusun Neros belum mendapatkan peluasan jaringan listrik.

Untuk pemasangan tiang listrik ke Dusun Neros digunakan tiang yang berukuran 9 meter dan kabel hitam.

Pihak PLN UP2K Flores juga menyampaikan kepada masyarakat, jika ada tawaran untuk pemasangan instalasi di rumah oleh pegawai pemasangan perluasan jaringan, itu tidak diperbolehkan. Karena tugas mereka hanya sebatas memasang tiang dan kabel tersebut.

BACA  Peringati Hari Anak Nasional 2020, Ini Pesan Khusus Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

“Jika pemasangan jaringan listrik sudah 100% kami akan tes arus listriknya dan jika aman, kami akan membuat surat berita acara penyelesaian pemasangan perluasan jaringan di Dusun Neros,” tutur Tarsi.

Paulus Sarno, salah satu warga Dusun Neros kepada media ini mengatakan, “Tentunya sebagai masyarakat saya merasa bersyukur dengan adanya perluasan jaringan PLN ke Dusun Neros karena inilah yang dinanti-nantikan. Dan pihak PLN ternyata mendengar apa yang menjadi keluh-kesah dari warga Kampung Neros meskipun membutuhkan waktu yang lama setelah adanya surat permohonan yang pernah diajukan ke PLN Ruteng pada September 2019 lalu.”

Paul juga berharap agar dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat Dusun Neros bisa memahami tentang mekanisme pengerjaan PLN, baik dari jaringan maupun sampai pada pemasangan instalasi dan pemasangan meteran. Sehingga diharapkan transaksi yang terjadi tidak merugikan masyarakat itu sendiri nantinya.

BACA  Fansy Jahang Penuhi Panggilan Kejaksaan

“Intinya, masyarakat Dusun Neros mengikuti instruksi dari PLN melalui sosialisasi-sosialisasi yang pasti dari pihak PLN demi menyukseskan pengerjaan jaringan listrik PLN ini masuk Dusun Neros,” tandas Paul.

Untuk sosialisasi lanjutan tentang pemasangan instalasi meteran di rumah-rumah, pihak PLN akan menyampaikan secara resmi tender dari CV mana yang menang.

Bagi masyarakat Dusun Neros diharapkan untuk tidak tergiur dengan tawaran dari pihak CV yang belum memiliki identitas yang jelas, dimana secara logika tiang listriknya belum dipasang pihak CV sudah memulai promosi untuk pemasangan meteran.

Penulis: Hubertus Basri
Editor: Jy