January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Relawan Muda DM, Tulisan Akun Palsu di Media Sosial Bukan Representasi Paket Deno-Madur

ManggaraiPost, Ruteng – Memperhatikan banyaknya akun palsu yang bermunculan di media sosial facebook, yang kemudian mengambil bagian dalam disksusi tentang Pilkada Manggarai tahun 2020 rupanya perlu diberikan tanggapan serius atau klarifikasi terkait adanya akun-akun tersebut.

Pasalnya, akun yang tidak diketahui secara pasti pemilik atau pengelolahnya itu cenderung menggunakan kata-kata kasar, menyerang kandidat secara personal, atau membuat postingan yang sifatnya mengadu domba atau memprovokasi antar pendukung satu paket dengan paket yang lainnya.



Agar tidak menimbulkan kegaduhan dan menjawab pertanyaan publik terkait akun palsu tersebut, secara khusus yang mengaku diri sebagai pendukung DM, maka dengan ini Relawan muda DM menegaskan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Paket Deno-Madur, mulai dari Kandidat, tim kerja dan seluruh unsur relawan secara struktur tidak pernah menyuruh atau mengarahkan para anggota, pendukung atau simpatisan untuk menggunakan akun palsu dalam ruang diskusi di media sosial Facebook atau media sosial lainnya.
  2. Seluruh akun palsu yang tidak memiliki identitas jelas kemudian mengatasnamakan diri sebagai pendukung paket Deno-Madur bukanlah representasi dari kandidat, Tim kerja DM, Relawan DM atau Komunitas pendukung lainnya.
  3. Apabila ada kandidat baik secara kelompok atau perorangan yang merasa diri dihina atau dikorbankan oleh karena tindakan yang dilakukan oleh akun palsu yang mengatasnamakan diri sebagai pendukung DM maka penting untuk dilaporkan kepada pihak yang berwajib.
  4. Ditegaskan, kepada siapapun yang merupakan pendukung DM, kemudian suatu ketika ditemukan atau terbukti menggunakan akun palsu untuk menyerang kandidat lain maka segala bentuk risiko hukum atau risiko lainnya ditanggung pribadi oleh yang bersangkutan.
  5. Relawan Muda DM Jilid II, mendukung penuh aparat kepolisian dan penegak hukum lainnya untuk mengusut tuntas dan membuka dalang atau aktor dibalik seluruh akun palsu yang meresahkan kandidat, pendukung kandidat atau masyarakat secara umum.
BACA  Dinsos Matim dan Pusdatin Kemensos Kebut Sehari Perbaiki Data KPM Bansos 2021

Kordinator Relawan Muda DM Jilid II

Tales Yulianus.