January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Klarifikasi Pencabutan Status Anak Angkat, Begini Pesan Deno untuk Masyarakat Golo Worok

Deno Kamelus menyebut munculnya sejumlah berita terkait kinerja kepemimpinan DM Jilid I, cenderung memprovokasi atau mengadu domba masyarakat.

ManggaraiPost, Ruteng – Menanggapi klarifikasi serta permohonan maaf dari orang tua angkat, tokoh adat dan tokoh masyarakat Golo Worok terkait berita pencabutan status anak angkat, Deno Kamelus berharap agar masyarakat tidak terprovokasi.

Deno mengimbau, baik kepada masyarakat Manggarai umumnya maupun kepada para pendukung Paslon Pilkada 2020 Kabupaten Manggarai agar bersama-sama melawan berita bohong dan tetap menjaga suasana persaudaraan.



“Tantangan kita sebenarnya adalah itu yakni melawan berita bohong dan juga menjaga kekeluargaan agar tidak terpengaruh sama adu domba yang dilakukan pihak tertentu. Setiap hari masyarakat kita diadu domba, misalnya sebut Saya ditolak padahal tidak ditolak, ini kan bahaya,” ungkap Deno Kamelus saat menerima kedatangan masyarakat Golo Worok di kediamannya di Carep, Ruteng, Senin (9/11/202) malam.

Menurut Deno Kamelus, kehadiran mereka untuk menyampaikan klarifikasi dan permintaan maaf merupakan bukti bahwa keluarga Golo Worok tak ingin tercerai-berai dan masih memiliki kecintaan terhadap dirinya baik sebagai Bupati maupun sebagai anak angkat.

BACA  Pemda Ditantang untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Publik

“Sebab saya tidak yakin, bapa mama dan seluruh keluarga di Golo Worok, yang sudah menjadi bagian dari keluarga saya membuat atau melakukan kesepakatan seperti itu. Karena saya dan mama Rino (Yeni Veronika) rasakan sama dengan yang ite (kamu) rasakan, bahwa ikatan kekeluargaan kita sudah sangat dekat. Saya tidak terganggu dan saya bersyukur atas kehadiran mereka pada malam hari ini,” kata Deno.

Paslon Bupati pasangan petahana DM Jilid II yang berduet dengan Victor Madur itu menjelaskan bahwa masa-masa menjelang Pilkada Desember mendatang, Deno Kamelus menyadari banyaknya upaya untuk mendelegitimasi kenerja kepemimpinan DM Jilid I.

Deno Kamelus menyebut munculnya sejumlah berita terkait kinerja kepemimpinan DM Jilid I, cenderung memprovokasi atau mengadu domba masyarakat. Kendati demikian, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyadari, gerakan-gerakan itu dibuat untuk untuk menjatuhkan kredibilitas DM di Pilkada Manggarai 2020.

BACA  Warga Keluhkan Apotek di Ruteng Jual Obat Melampaui HET

“Tujuannya satu yaitu untuk menjatuhkan kredibilitas dan elektabilitas Deno-Madur,” ungkap Deno Kamelus kepada sejumlah masyarakat kampung Golo Worok yang mendatangi kediamannya di Carep.

Deno Kamelus juga menyayangkan perilaku oknum yang menulis berita bohong atau yang menulis berita tanpa mengkonfirmasi sumber berita.

Deno menjelaskan bahwa kerja politik itu kesejahteraan masyarakat.
“Untuk memang di Pilkada”, jelasnya, “Tidak perlu menipu atau mengklaim dukungan orang lain, sebab masyarakat saat ini cerdas,” kata Deno Kamelus.

“Untuk apa kita menipu, kasihan juga masyarakat, ngomong jujur sesuai dengan keadaan dan biarkan masyarakat yang menilai,” ungkap Deno.

Sedangkan terkait berita pencabutan status Deno Kamelus sebagai anak angkat oleh masyarakat di kampung Golo Worok, ia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak keluarga Golo Worok.

“Soal berita atau berkaitan dengan masalah ini, saya serahkan sepenuhnya kepada ite (anda) semua,” ungkapnya.

BACA  Sekedar Berpendapat Tentang Pabrik Semen di Manggarai Timur

“Lakukan baiknya seperti apa. Tetapi pesan saya jangan sampai terprovokasi. Saya sangat tahu hati dari seluruh keluarga besar Golo Worok,” tambah Deno Kamelus.

Dalam suasana persaudaraan malam itu, mewakili masyarakat Golo Worok, ketua adat Gendang Wesang itu mengungkapkan harapan besarnya agar kelak Deno Kamelus dan Viktor Madur kembali terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai periode 2021/2025 mendatang.

“Neka gega ite anak. Toe manga hesing ane ata bana nai Dami. Gereng le tanggal 9 Desember. Neka senget tombo ata pande bike agu behas ite. Paka lai ca taung nai Dite (Jangan khawatir, hati kami tidak bisa berpaling kepada orang lain. Tunggu di tanggal Desember. Jangan dengar kabar yang buat kita pecah. Kita harus tetap solid -red)”, tuturnya di depan Deno Kamelus.

Laporan: Yohanes Marto