January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Ketua Tim Hukum Paslon Deno – Madur (DM), Melkhior Judiwan, SH. MH. Foto: ManggaraiPost.com || Yohanes Marto.

Tim Hukum DM Pertanyakan Status Heri Ngabut ASN Aktif yang Maju di Pilkada Manggarai?

“SK tersebut penting untuk ditunjukkan kepada publik, karena selama ini publik bertanya-tanya mengenai status Heribertus Ngabut sebagai ASN aktif yang maju di Pilkada Manggarai. Pertanyaannya mana SK itu? Kenapa KPU tidak menunjukkannya kepada publik? Ada apa?”, kata Melkhior.

ManggaraiPost, Ruteng – Sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai belum menjelaskan kepada publik terkait status pensiun Heribertus Ngabut, SH sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif golongan IV C, yang akan maju sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) berpasangan dengan Calon Bupati (Cabup) Herbertus G.L. Nabit, SE., Ma di Pilkada Kabupaten Manggarai tahun 2020.

Hal ini dijelaskan oleh Ketua Tim Hukum Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Paslon Cabup-Cawabup) petahana Dr. Deno Kamelus, SH. MH dan Drs. Viktor Madur alias Paslon Deno – Madur (DM), Melkhior Judiwan, SH. MH dalam rilis yang diterima media ManggaraiPost.com, Jumat (13/11/2020).



Terkait hal itu, melalui surat Nomor: 02/TH-DM/XI/2020, tertanggal 9 November 2020, Tim Hukum DM mengajukan permohonan klarifikasi kepada KPU. Komisioner KPU diminta untuk menjelaskan kepada publik terkait status seorang ASN aktif yang maju menjadi Cawabup di Pilkada Manggarai itu.

BACA  Breaking News: Mabes Polri Diserang Teroris

Tim kuasa hukum DM menegaskan bahwa demi kepentingan hukum dan keberlangsungan proses Pilkada yang damai maka langkah itu harus dilakukan oleh KPU selaku pihak penyelenggara Pilkada.

Dalam siaran persnya, Ketua Tim Hukum Paslon Deno-Madur, Melkior Judiwan menerangkan bahwa berdasarkan hasil seleksi verifikasi dokumen persyaratan para Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Manggarai Periode 2020 – 2025, maka pada tanggal 23 September 2020 lalu KPUD telah menetapkan dua paket Paslon Cabup-Cawabup yang akan bertarung di Pilkada Manggarai tahun 2020.

Kedua paket Paslon Cabup-Cawabup itu masing-masing atas nama Dr. Deno Kamelus, SH. MH berpasangan dengan Drs. Viktor Madur yang selanjutnya disebut Paslon Deno – Madur (DM), dan Herbertus G.L. Nabit, SE., Ma berpasangan dengan Heribertus Ngabut, SH yang selanjutnya disebut Paslon H2N.

BACA  Jokowi Luncurkan Alkes Karya Anak Bangsa untuk Tangani Covid-19

“Bahwa Calon Wakil Bupati dari Paslon H2N atas nama Heribertus Ngabut, SH adalah berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan IV C dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Manggarai,” Melkhior Judiwan.

Tim Kuasa Hukum Paslon Deno – Madur cukup berasalan untuk mengajukan surat permohonan klarifikasi tersebut kepada KPU Kabupaten Manggarai.

“Hal itu berdasarkan fakta bahwa pada saat pendaftaran tertanggal 5 September 2020 dan verifikasi dokumen Cawabup dari paslon H2N atan nama Heribertus Ngabut oleh Komisioner KPU Kabupaten Manggarai, dimana dokumen tersebut memang belum diajukan ke KPU Kabupaten Manggarai dengan alasan sedang dalam proses ke BKN di Jakarta,” jelas Melkhi.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru Kampanye (Jurkam) Paslon Deno-Madur, Bapak Agus Kabur menyatakan bahwa saat pendaftaran pada tanggal 5 September 2020 Cawabub Heribertus Ngabut berjanji akan memenihi persyaratan hukum yang dimaksud, “Namun sampai saat Komisioner KPU bahkan belum menunjukan kepada publik terkait SK pensiun Heri Ngabut sebagai ASN golongan IV C yang akan maju di pilkada manggarai,” ungkap Agus Kabur saat menggelar kegiatan tatap muka Paslon Deno-Madur di kampung Maumere Kelurahan Bangka Nekang, Kamis (12/11/2020).

BACA  SMK Wae Rii Gelar Uji Kompetensi Konstruksi

“SK tersebut penting untuk ditunjukkan kepada publik, karena selama ini publik bertanya-tanya mengenai status Heribertus Ngabut sebagai ASN aktif yang maju di Pilkada Manggarai. Pertanyaannya mana SK itu? Kenapa KPU tidak menunjukkannya kepada publik? Ada apa?,” tegasnya.

Laporan: Yohanes Marto.