January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Pjs. Bupati Manggarai Zeth Libing Resmikan 11 Desa Persiapan di Kecamatan Satarmese

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Zeth menegaskan agar desa persiapan yang telah diresmikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi desa definitif. Menurutnya, semua itu bermuara pada satu tujuan yakni untuk kesejahteraan rakyat.

ManggaraiPost, Ruteng – Sebanyak 11 desa persiapan lingkup Kecamatan Satarmese dan Satarmese Barat diresmikan oleh Pjs. Bupati Manggarai, Dr. Drs. Zeth Libing, M. Si, kemarin (Senin, 23/11/2020).

Para tokoh adat Desa Persiapan Denge menjemput Pjs. Bupati Manggarai, Dr. Drs. Zeth Libing, M. Si dengan acara Ronda yang dimulai dari kampung Nikeng sampai di depan rumah Gendang Gelarang Denge. Kegiatan peresmian dilaksanakan pada pukul 13.30 WITA, bertempat di tambak Nanga Woja, Kecamatan Satarmese.



Setelah diresmikan, kegiatan pun dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 Penjabat Kepala Desa Persiapan. Untuk wilayah Kecamatan Satarmese, total sebanyak 7 desa persiapan antara lain Desa Persiapan Bangka Gonggor, Desa Persiapan Ulu Koak, Desa Persiapan Kaca, Desa Persiapan Satar Loleng, Desa Persiapan Nanga Woja, Desa Persiapan Bangka Redeng, dan Desa Persiapan Pong Meleng.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Satarmese Barat sebanyak 4 desa persiapan antara lain, Desa Persiapan Denge, Desa Persiapan Hilihintir Selatan, Desa Persiapan Muku Te’e, dan Desa Persiapan Pasir Putih.

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Zeth menegaskan agar desa persiapan yang telah diresmikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi desa definitif. Menurutnya, semua itu bermuara pada satu tujuan yakni untuk kesejahteraan rakyat.

BACA  Plan Indonesia dan HAKLI NTT Apresiasi STBM Tengku Lese

Terkait pelantikan Penjabat Kepala Desa Persiapan, Pjs.Bupati Zeth berharap agar para penjabat fokus dalam mengurus desanya masing-masing, “Sumpah saudara dihadapan Tuhan dan dihadapan seluruh rakyat, maka saudara-saudara harus menjalankan tugas menjadi kepala desa persiapan dengan baik,” tegasnya.

Tugas yang diemban, lanjutnya, antara lain memimpin wilayah dan rakyat dengan baik; memenuhi segala persyaratan agar desa tersebut menjadi desa definitif; membangun kerjasama dengan seluruh pihak; dan membangun sarana dan prasarana publik.

Di sela-sela sambutannya, ia berpesan agar di masa Pilkada ini untuk senantiasa menjaga situasi yang kondusif. Terkait Covid-19, ia mengimbau agar masyarakat senantiasa menaati protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Atanasius Biral Huwa selaku Sekretaris Camat Satarmese Barat dalam sambutannya menyatakan harapannya agar masyarakat dan pejabat bekerja sama dalam persiapan menjadi desa definitif.

“Hari ini merupakan langkah awal bagi kita semua menuju Desa defenitif, sehingga sangat diharapkan kepada pejabat dan semua masyarakat Desa Persiapan Denge agar selalu bekerja sama sehingga desa persiapan ini akan menjadi desa defenitif,” harapnya.

BACA  Pemkab Manggarai Terima Penghargaan WTP 2019

Sedangkan Daniel Jenarung selaku Penjabat Kepala Desa Satar Lenda dalam sambutannya menjelaskan secara singkat tentang Desa Satar Lenda, “Desa Satar Lenda merupakan salah satu desa tertua di Kabupaten Manggarai sejak jaman Gelarang sampai Sekarang. Desa ini telah mekar menjadi empat desa yaitu Desa Nuca Molas, Desa Wongka, Desa Denge dan Desa Satar Lenda yang merupakan desa induk,” jelas Daniel.

“Atas nama pemerintah dan seluruh masayarakat, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Pemerintah Kecamatan Satarmese Barat karena atas bantuannya hari ini Desa Persiapan Denge telah dibentuk,” tambahnya.

Sementara itu, Vinsensius Talvan, selaku Penjabat Kepala Desa Persiapan Denge dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Pemerintah Kecamatan Satarmese Barat yang telah mempercayakan dirinya untuk menjadi Penjabat Kepala Desa persiapan Denge.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Desa Persiapan Denge untuk sama-sama berkontribusi sehingga desa persiapan ini akan segera menjadi desa defenitif. Hari ini adalah awal bagi kita untuk terus berjuang membawa desa persiapan ini menjadi desa yang defenitif,” tutupnya.

Berikut daftar nama 11 Penjabat Kepala Desa lingkup Kecamatan Satarmese dan Satarmese Barat sesuai lampiran Keputusan Bupati Manggarai Nomor HK/331/2020 tentang Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Persiapan Dalam Wilayah Kabupaten Manggarai.

BACA  Kabag ULP Manggarai Menilai Ketua Askonas Keliru Menafsirkan Aturan

Untuk wilayah Kecamatan Satarmese sebagai berikut: Mateus Labut, Pj. Kades Persiapan Bangka Gonggor; Agustinus Agus Pantu, Pj. Kades Persiapan Ulu Koak; Aleksius Jematu, Pj. Kades Persiapan Kaca; Blasius Daba, SE, Pj. Kades Persiapan Satar Loleng; Marselinus Ata, Pj. Kades Persiapan Nanga Woja; Blasius Badur, S.ST, Pj. Kades Persiapan Bangka Redeng; dan Agustinus Gambang, Pj. Kades Persiapan Pong Meleng.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Satarmese Barat yakni Vinsensius Talvan, Pj. Kades Persiapan Denge; Herman Jehasa, Pj. Kades Persiapan Hilihintir Selatan; Remigius Hasan, Pj. Kades Persiapan Muku Te’e; dan Bartolomeus Asar, Pj. Kades Persiapan Pasir Putih.

Selain acara peresmian dan pelantikan, sejumlah acara lain juga digelar pada kesempatan tersebut yakni penyerahan SK SMP baru dan Nomor Pokok Sekolah Nasional untuk SMPN 18 Satarmese di Borik dan SMPN 20 Satarmese di Desa Lungar; penyerahan bantuan kapal kepada kelompok nelayan; dan terakhir penebaran bibit ikan di tambak Nanga Woja oleh Pjs. Bupati Zeth bersama istri.

Laporan: Yohanes Marto.