January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Manggarai Timur Raih Penghargaan Opini WTP Tahun 2019

"Prestasi yang dicapai Manggarai Timur adalah hasil kerja keras Pemda Matim dan segenap jajaran serta tidak terlepas dari dukungan dan dorongan Kementerian Keuangan," jelas Andreas Agas.

Manggarai Post, Borong – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur berhasil meraih Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Penyerahan piagam penghargaan Opini WTP dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia itu diwakili oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ruteng, Yustinus Kus Suhantoro, di Aula Setda Matim, Lehong, Kamis (03/12/2020).



Dalam sambutannya Bupati Manggarai Timur Andreas Agas menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Keuangan atas sinergitas yang telah dibangun. Raihan Opini WTP Pemda jelas Bupati Andreas Agas adalah hasil kerja keras semua pihak.

BACA  Bernabas Raba: Tidak Ada Matinya Biota Laut

“Prestasi yang dicapai Manggarai Timur adalah hasil kerja keras Pemda Matim dan segenap jajaran serta tidak terlepas dari dukungan dan dorongan Kementerian Keuangan,” jelas Andreas Agas.

Agas Andreas menjelaskan bahwa
faktor pertumbuhan ekonomi di kabupaten itu ditentukan oleh tingkat penyerapan anggaran. Dia berharap anggaran tahun 2020 bisa diserap secara maksimal.

“Tahun 2020 Pemda Matim berupaya memaksimalkan penyerapan anggaran dan mempersiapkan langkah untuk tahun 2021, salah satunya adalah dengan mempercepat pelaksanaan tender untuk kegiatan dengan sumber pembiayaan DAK,” jelasnya.

Ketua DPRD Manggarai Timur, Heremias Dupa menyampaikan profisiat dan kebanggaan atas capaian Pemda Matim itu, “Selamat untuk Pemda Matim untuk banyak prestasi yang telah diraih dan pengelolaan keuangan daerah selalu baik,” jelasnya

BACA  Dukcapil Menargetkan Pendataan 15.547 Jiwa Penduduk Matim Selesai 2021

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Ruteng mengapresiasi raihan opini WTP Pemda Matim tersebut. Kepala KPPN Ruteng juga menjelaskan catatan prestasi Manggarai Timur diantaranya adalah pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) Manggarai Timur sangat optimal dibandingkan dengan empat Kabupaten lain yang berada dalam wilayah kerja KPPN Ruteng.

“Selain itu, penyaluran Dana Desa (DD) tahap III sampai akhir bulan September, dinilai sangat optimal serta rekonsiliasi pajak untuk Semester I telah selesai di bulan Juli 2020,” jelas Yustinus Kus Suhantoro.

Kepala KPPN Ruteng itu berharap pencairan anggaran tahun 2021 akan akan berjalan lancar. Beliau juga merekomendasikan agar sebaiknya Pemda Matim menyetor pajak dilakukan secara elektronik melalui Bank NTT.

BACA  Sapta Pesona Mendorong Pertumbuhan Industri Pariwisata di Desa Bamo

Selain dihadiri oleh Ketua DPRD, Heremias Dupa, penyerahan piagam penghargaan Opini WTP disaksikan oleh segenap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemda Matim.

Laporan: Yohanes Marto