January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Ketua PKK Matim Soroti Kebersihan di Area Pasar Borong

Ibu Theresia Wisang menjelaskan bahwa kegiatan Baksos kebersihan lingkungan yang digelar serempak bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Setda Matim itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyakit DBD yang kian meningkat di tengah Pandemi COVID-19 saat ini.

ManggaraiPost, Borong – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Theresia Wisang mengatakan pihak pengelola pasar borong perlu menetapkan regulasi untuk mengatur tata kelola kebersihan di area Pasar Inpres Borong.

“Menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan tidak cukup dengan memberikan contoh aksi nyata seperti yang kita lakukan hari ini. Pihak pengelola pasar perlu menetapkan regulasi untuk mengatur terkait kebersihan di area pasar ini,” ungkap Ketua PKK Matim, Ibu Theresia Wisang saat ditemui di sela kegiatan Bakti Sosial (Baksos) kebersihan lingkungan di Pasar Inpres Borong, Jumat (15/01/2020).

BACA  Pilkades di Matim Usai Digelar, Ini Daftar Cakades Terpilih



Ibu Theresia Wisang menjelaskan bahwa kegiatan Baksos kebersihan lingkungan yang digelar serempak bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Setda Matim itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyakit DBD yang kian meningkat di tengah Pandemi COVID-19 saat ini.

“Saat musim hujan serangan gigitan nyamuk Aides Aegypti, atau nyamuk DBD sangat berbahaya. Lingkungan kumuh di sekitar rumah khususnya di area pasar Borong ini jika tidak dibersihkan maka akan menjadi tempat nyaman bagi keberadaan jentik nyamuk sehingga diantisipasi,” jelasnya.

“Beberapa hari lalu Saya dapat informasi dari Ruteng terkait meningkatnya penderita demam berdarah, sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi. Apalagi situasi kita saat ini sedang menghadapi masalah pandemi COVID-19 semakin menjadi-jadi. Kesehatan itu sangat penting,” jelas Ibu Theresia.

BACA  Pemda dan DPRD Matim Giat Baksos Bersama di Jalur Benteng Jawa - Ruteng

Pantauan media ini, Ibu Theresia beberapa kali meghampiri para penghuni pasar untuk mengingatkan potensi ancaman penyakit DBD sembari memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih dan sehat “Selain mengantisipasi penyakit DBD,” jelas ibu Theresia, “Kebersihan juga merupakan bagian dari iman kita. Hidup bersih itu wujud iman kita,” tuturnya.

Pada saat yang sama ketua PMI Kabupaten Manggarai Timur itu mengingatkam kepada penghuni Pasar Inpres Borong untuk selalu mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir resiko terdampak COVID-19.

“Di tengah situasi Pandemi COVID-19 saat, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa pakaian masker, cuci tangan pakai sabun dan yang paling penting agar selalu jaga jarak, apalagi di area pasar ini. Hanya kedisiplinan yang akan menyelamatkan kita dari wabah COVID-19 saat ini,” tutupnya.

BACA  Anggota DPRD Dapil Lamba Leda, Hentikan Pengerjaan Lapen

Laporan: Yohanes Marto