January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Tanggap Darurat Bencana, Bank NTT Cabang Borong Bantu Korban Puting Beliung di Lamba Leda

Sebagai Bank milik Masyarakat NTT, menurut Taseon, Bank NTT tentu merasa terpanggil ambil bagian dalam situasi pemberdayaan masyarakat dan aksi sosial termasuk bencana karena Kemanusiaan.

ManggaraiPost, Borong – Aksi Tanggap Darurat Bencana (ATDB) Bank NTT Cabang Borong membantu keluarga terdampak bencana alam di wilayah kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Diwakili oleh Kepala Bank NTT Cabang pembantu Pota Kecamatan Sambi Rampas, Bank NTT Cabang Borong Kabupaten Manggarai Timur salurkan bantuan kepada keluarga korban bencana alam puting beliung di Desa Satar Punda dan Satar Punda Barat, Kamis, 4/2/2021.

Pimpinan Bank NTT Cabang Borong melalui Theodorus Taseon, SE selaku Kepala Bank NTT Cabang Pembantu Pota Kecamatan Sambi Rampas, kepada media mengatakan bahwa bantuan darurat berupa aksi tanggap darurat kepada korban bencana puting beliung itu berupa bantuan Sembako.



Taseon menjelaskan, bantuan sembako diberikan kepada keluarga korban bencana angin puting beliung yang ada di dua Desa. Yakni, Keluarga Bahrum Tato, warga dusun Gongger Desa Satar Punda.

BACA  Pelari Baik Indonesia Salurkan 100 Radio Belajar untuk Siswa di NTT

“Di kampung Gongger, ada Bapak Bahrum Tato, korban puting beliung yang kehilangan rumahnya akibat tersapu angin puting beliung,” tuturnya.

Masih dari Taseon, selain di desa Satar Punda, Bank NTT juga memberikan bantuan aksi tanggap darurat kepada keluarga Bapak Marsianus Edi, korban di Desa Satar punda barat. Lebih lanjut ia menjelaskan , di desa Satar punda Barat korban bencana puting beliung kehilangan tempat tinggal, akibat tertimpa pohon.

“Proses penyaluran bantuan aksi tanggap darurat berupa bantuan sembako kepada kedua keluarga korban, di Desa Satar Punda dan Desa Satar Punda Barat, kami didampingi langsung oleh Kepala Desa masing- masing,” tutur Taseon.

Sebagai Bank milik Masyarakat NTT, menurut Taseon, Bank NTT tentu merasa terpanggil ambil bagian dalam situasi pemberdayaan masyarakat dan aksi sosial termasuk bencana karena Kemanusiaan.

Diharapkannya, agar Masyarakat yang mendapat musibah tetap semangat dan jangan putus asah.

BACA  Kementerian Pertanian Berupaya Optimalkan Budidaya Sarang Burung Walet dan Porang

“Kiranya bantuan kami bisa memberikan manfaat dalam situasi darurat bencana ini, tetap kuat dan tegar dan terutama kehadiran kami sedikit menguatkan mereka dalam menghadapi musibah,” tutur Taseon.

Bahrum Rato (59) warga kampung Gongger kepada media ini mengatakan bahwa dirinya telah kehilangan tempat tinggal, mengalami kerusakan disebabkan oleh angin puting beliung beberapa hari lalu.

Disampaikannya, kehadiran Bank NTT sangat diluar dugaannya dan sangat terbantu dalam kebutuhan dasar selama terjadi musibah.

“Saya tidak pernah menduga kehadiran Bank NTT untuk membantu kami korban bencana alam, terima kasih Bank NTT,” tuturnya.

Terpisah, Mikael Jaur, Pelaksana Tugas(PLT) Badan Penanggulang Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Manggarai timur di ruang kerjanya kepada media ini mengatakan sejauh ini telah terjadi bencana alam seperti lingsor, banjir, dan angin puting beliung terjadi di beberapa kecamatan se-kabupaten Manggarai timur.

“Hingga saat ini kita telah menerima laporan bencana alam dari beberapa desa,” tuturnya.

BACA  Pupuk Bersubsidi Langka di Manggarai, Ketua Umum LPPKPD: Pemerintah Perlu Bersikap Tegas!

Seperti di kecamatan Lamba Leda terdapat tujuh titik, kecamatan kota komba terjadi bencana di empat titik, Kecamatan Borong terjadi bencanai tiga titik, di Lamba Leda Timur terdapat satu titik, Kecamatan Elar selatan terdapat satu titik.

“Puji Tuhan tidak ada korban jiwa,” tutur Mikael.

Disampaikannya bahwa kantor BPBD, telah mendirikan posko bantuan darurat berlokasi di depan kantor. Mikael berharap, masyarakat yang menjadi korban bencana alam akan segera melaporkan kepada pemerintah desa, pemerintah desa melanjutkan ke pemerintahan yakni di dinas terkait.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada bencana alam baik banjir, longsor dan angin puting beliung. Tetap berjaga-jaga, tandasnya.

“Kalau terjadi bencana alam, mohon melaporkan ke kantor BPBD, untuk segera kami tangani secara bantuan darurat, hubungi kontak emergensi (082247592199, 081338554117, 081337522170),” tegas Mikael.

Yohanes Marto