January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Cegah Covid-19, Jurnalis Manggarai Barat Bagi 5.000 masker di HPN 2021

Jurnalis yang tergabung dalam PWMB Peduli berinisiatif untuk terjun langsung dalam membantu upaya pencegahan penyebaran virus Corona dengan membagi masker kepada masyarakat.

ManggaraiPost, Labuan Bajo – Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat kian meningkat. Hingga saat ini pasien Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat berjumlah 414 , dengan jumlah kematian mencapai 12 pasien.

Dalam rilis yang diterima media ini pada hari Rabu (09/02/2021), Ketua Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), Gerasimos Satria mengatakan, Labuan Bajo merupakan destinasi pariwisata super premium, sebagian besar masyarakatnya bergantung pada sektor pariwisata. Di tengah situasi pandemi Covid-19 aktifitas masyarakat pada sektor ini tentu agak terhambat serta rentan terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19).



Melihat kondisi tersebut, tulis Satria, jurnalis yang tergabung dalam PWMB Peduli berinisiatif untuk terjun langsung dalam membantu upaya pencegahan penyebaran virus Corona dengan membagi masker kepada masyarakat.

BACA  Korwas Dikmen Kabupaten Manggarai Menyerahkan SK PLT SMAN 4 Satarmese

Lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah Covid-19 di Kabupaten Mangggarai Barat, PWMB membagi 5 000 masker kepada masyarakat di Labuan Bajo, Rabu, 9 Februari 2021.

Dia menerangkan, PWMB menyampaikan kepada publik di Manggarai Barat, tugas memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bukan saja tugas pemerintah tetapi tugas setiap elemen atau kelompok masyarakat. “PWMB mau mengajak seluruh masyarakat di Labuan Bajo untuk terus bergerak memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” kata Satria.

Selain itu, PWMB juga mengingatkan kepada Pemerintah Daerah Manggarai Barat agar tetap siaga dan adanya keseriusan dalam mengurus masalah Covid-19. “PWMB menilai tidak ada keseriusan Pemkab Manggarai Barat saat ini dalam upaya memutus mata rantai Covid-19. Perlu adanya ketegasan dari Pemkab Manggarai Barat dalam penerapan protokol kesehatan dengan melakukan patroli keliling wilayah secara intens untuk mengawasi masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan,” ungkap Satria dalam rilis tersebut.

BACA  Disdukcapil Matim Berikan Pelayanan Dokumen Kependudukan di Desa

Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, PWMB mengajak masyarakat di Manggarai Barat untuk bergerak dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memakai masker saat berada di pusat keramaian, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“PWMB  akan terus berupaya bersama segenap elemen masyarakat membangun solidaritas dan menjaga kesadaran diri bahwa virus Corona bukan menjadi persoalan pemerintah daerah Manggarai Barat saja tetapi persoalan bersama,” tegas Satria.

Menurut ketua PWMB ini, wartawan juga sangat rentan terpapar covid 19. Pekerjaan wartawan sangat riskan karena harus terjun langsung ke tengah masyarakat demi memperoleh informasi dan menyajikan berita yang faktual dan berimbang terkait Covid-19.

Di satu sisi, perusahan media meminta berita harus dikirim sesuai deadline sedangkan di lapangan keselamatan kerja bagi jurnalis di tengah pandemi tidak begitu diperhatikan. “Jurnalis adalah salah satu komponen penting dalam penegakan demokrasi sehingga harus masuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19 sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah dan perusahan pers terkait keselamatan kerja pers,” tutupnya.

BACA  MUI Manggarai Putuskan untuk Meniadakan Sholat Idul Adha di Masjid

Red