January 26, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Man Klemens: Gedung Baru PDAM Tirta Komodo, Motivasi untuk Tingkatkan Pelayanan

Mengingat pertumbuhan pelanggan dan kebutuhan ruang pelayanan yang maksimal sehingga Pembangunan Gedung Kantor dilakukan tahun 2020.

ManggaraiPost, Ruteng – Adanya pembangunan gedung baru diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Komodo, Kabupaten Manggarai untuk lebih meningkatkan pelayanan dan memperluas cakupan pelayanan pemenuhan kebutuhan air minum bersih kepada masyarakat menjadi lebih baik.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perumda Tirta Komodo Kabupaten Manggarai, Man Klemens, saat jumpa pers dengan sejumlah awak media di Aula Kantor PDAM Tirta Komodo pada hari Senin, 15 Februari 2021.



Klemens menjelaskan, pihaknya akan terus menerus mengusahakan pelayanan yang optimal dan maksimal bagi masyarakat.

Dalam Jumpa pers tersebut, Klemens memaparkan jumlah pelanggan air minum bersih di Kabupaten Manggarai yang saat saat ini sebanyak 29.439 dan tersebar di 9 kecamatan yakni Satar Mese Barat,Satar Mese Utara, Langke Rembong, Ruteng, Wae Ri’i, Cibal, Cibal Barat dan Reok. Maka, diperlukan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat pelanggan. Salah satunya sarana pelayanan yang memadai seperti kantor yang layak.

BACA  Infrastruktur Jadi Prioritas Pembangunan Kabupaten Manggarai Tahun 2022

Mengingat pertumbuhan pelanggan dan kebutuhan ruang pelayanan yang maksimal sehingga Pembangunan Gedung Kantor dilakukan tahun 2020.

Klemens menerangkan, pembangunan gedung kantor tersebut berpedoman pada pedoman pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya yang Sudah diejawantahkan pada Peraturan Bupati Manggarai No 33 Tahun 2019 tentang Pengadaan Barang/Jasa pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai.

Pada tahun 2020, dengan bersumber pada rencana dan anggaran perusahaan (RKAP) maka gedung ini dibangun dengan mengakomodir kebutuhan tiap tiap
fungsi dan Perusahaan yakni: Bagian Tehnik, Bagian Pelayanan pelanggan dan Bagian Administrasi Keuangan.

Pembangunan Kantor Perumda Tirta Komodo, lanjut Klemens, mendapat pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri Manggarai khususnya pada Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, BKPKP Perwakilan Propinsi Tenggara Timur, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten dan Tenaga Ahli dari Politeknik Negeri Kupang (PNK) sehingga pembangunan gedung ini pun dapat dilaksanakan.

BACA  Bawaslu Minta KPU Pastikan Ketersediaan Logistik Saat Pemungutan dan Proses Rekapitulasi Manual

Klemens mengungkapkan bahwa pembangunan gedung ini melalui beberapa tantangan besar, salah satunya adalah Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Kabupaten Manggarai. Namun hal ini, tidak menyurutkan semangat perusaahan ini untuk terus melayani masyarakat pelanggan dengan maksimal.

Klemens juga menyampaikan bahwa pembangunan gedung ini merupakan hasil kerjasama dan dukungan berbagai pihak.

“Berkat dukungan dan kerja sama para stakeholders dan manajemen, pada Senin 15 Februari 2021, Bupati Manggarai (Periode 2017-2021) Dr. Deno Kalemus SH, MH selaku KPM pada perusahaan ini meresmikan gedung kantor ini”, tutupnya.

Red