January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Silahturahmi Bertajuk “Temu Media” Bupati Agas Apresiasi Karya Humanis Wartawan Kompas

Kritikan merupakan hal lumrah, sepanjang itu bertujuan membangun dan disampaikan dengan cara yang benar.

ManggaraiPost, Borong-Bupati Andreas Agas, menilai jasa insan pers sangat besar bagi kemajuan Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu dijelaskan oleh Bupati Matim ketika hadir sebagai pembicara pada forum Silahturahmi antar Jurnalis Matim bersama Pemerintah Daerah, bertempat di Caffe dan Resto 33, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong, Rabu 03 Maret 2021.

Pada forum bertajuk “Bertemu Media” yang digagas oleh Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Matim itu,
mengesankan sosok Bupati Andreas Agas sebagai pribadi yang santai dan seorang pemimpin yang tidak anti kritik.



Dalam sambutannya, Bupati Andreas Agas bahkan menyadari kebijakan politik yang diambilnya tentu tidak disukai oleh semua masyarakat. Kendati demikian, Ia katakan bahwa kritikan merupakan hal lumrah, sepanjang itu bertujuan membangun dan disampaikan dengan cara yang benar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Andreas Agas menjelaskan peran penting media massa dalam mendistribusikan informasi kepada masyarakat, sekaligus sebagai alat kontrol sosial, “Media itu fungsi utamanya adalah menyalurkan informasi. Tentu, arah Informasi yang mau disampaikannya ada dua yaitu informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan dari masyarakat kepada pemerintah,” jelas Bupati.

BACA  𝗦𝗲𝗿𝗮𝗵𝗸𝗮𝗻 𝗠𝗲𝘀𝗶𝗻 𝗣𝗮𝗻𝗲𝗻 𝗣𝗮𝗱𝗶 𝗸𝗲𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗨𝗻𝗶𝗸𝗮 𝗦𝘁. 𝗣𝗮𝘂𝗹𝘂𝘀 𝗥𝘂𝘁𝗲𝗻𝗴, 𝗕𝘂𝗽𝗮𝘁𝗶 𝗛𝗲𝗿𝘆 𝗡𝗮𝗯𝗶𝘁 𝗔𝗽𝗿𝗲𝘀𝗶𝗮𝘀𝗶 𝗗𝘂𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗔𝗻𝗴𝗴𝗼𝘁𝗮 𝗗𝗣𝗥 𝗥𝗜

Bupati Agas menegaskan pentingnya peran media massa dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan. Mengkritik kebijakan menyimpang, baik di lembaga eksekutif, lembaga legislatif maupun yudikatif, serta berbagai masalah di masyarakat, “Media juga menginformasikan terkait apa kegiatan pemerintah. Jangan sampai kita ini dibilang tidur,” ungkapnya.

“Ketika fakta lapangan terjadi diluar kontrol pemerintah tapi media mengetahui, harus diinformasikan sehingga bisa secepatnya dikoreksi,” tambahnya.

Dalam forum itu, Bupati menyebut contoh karya Jurnalistik seorang wartawan senior dari media Kompas.com, Markus Makur yang memiliki kepedulian terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Matim.
Bupati juga mengapresiasi karya Jurnalistik wartawan Kompas.com, bersama beberapa wartawan media lokal lain yang tergabung dalam Kelompok Kasih Insanis (KKI) peduli ODGJ.

BACA  Polres Manggarai Gelar Vaksinasi Massal 750 Warga

Bupati Agas menjelaskan data serta tulisan humanis wartawan Kompas.com itu bahkan menjadi rujukan evaluasi pemerintah dalam mendorong program di bidang sosial dan kemanusiaan.

“Selama ini groupnya Markus Makur yang menulis ODGJ di Manggarai Timur. Itu luar biasa. Terus terang, dengan data itu saya marah dengan Dinas sosial dan Dinas Kesehatan,” ungkap Bupati. Ia menjelaskan bahwa kedua Dinas tersebut tidak memiliki data yang lengkap tentang ODGJ, “Ko Kamu tidak punya data ini,” pungkasnya.

“Data itu menunjukkan keberadaan ODGJ sehingga Kita sudah mulai ada kebijakan untuk memperhatikan kelopak ODGJ ini,” tambahnya.

Pada posisi tersebutlah, jelas Bupati bahwa simbiosis mutualisme antara pemerintah dan media dalam proses mendistribusikan informasi menjadi penting, “Melalui media, ada informasi timbal balik dari masyarakat kepada pemerintah dan pemerintah kepada masyarakat. Itu penting,” kata Bupati.

Pada forum bertajuk “Bertemu Media” yang digelar Rabu pagi itu, Bupati Andreas Agas berjanji akan menyediakan fasilitas Media Center bagi wartawan di Manggarai Timur.
“Media Center akan direalisasikan di Kantor Bupati Matim di Lehong, bersampingan dengan ruang kerja bagian Prokopim,”

BACA  Menkominfo Johnny G. Plate : Waspadai Infodemi Covid-19

Bupati juga berharap media tetap fokus memberitakan terkait potensi pariwisata yang ada di Manggarai Timur. Sedangkan beberapa kesimpulan hasil giat temu media itu yaitu pada akhir tahun 2021 diharapkan akan terbit buku bertema Pariwisata Matim yang berisi tulisan-tulisan wartawan Matim.

“Membangun manggarai timur itu urusan semua orang, termasuk media, karena itu bahu membahu harus menjadi spirit bersama”, tegas Bupati Ande

Selain itu, untuk jelajah potensi pariwisata di Manggarai Timur, Bupati berjanji akan menyiapkan kendaraan khusus wartawan yang akan melakukan peliputan diluar kota Borong. Menutup kegiatan tersebut, Bupati Andreas Agas memotivasi rekan jurnslis untuk berwirausaha, “Tidak boleh takut mengambil keputusan untuk hal-hal baik,”

Laporan: Yohanes Marto.