January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Polres Mabar Resmikan Kampung “Paki Nepa” di Macang Pacar

Program ini dari POLRI. Tujuannya untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat selama masa pandemi ini.

ManggaraiPost, Labuan Bajo – Kepolisian Resor Manggarai Barat (Kapolres – Mabar) meresmikan program Kampung Tangguh Covid-19 “Paki Nepa” di Kantor Desa Bari Kecamatan Macang Pacar, Rabu, 10 Maret 2021.

Kampung tangguh Covid-19 merupakan program Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan produktivitas ekonomi pada masa pandemi Covid 19.



“Program ini dari POLRI. Tujuannya untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat selama masa pandemi ini,” jelas Kapolres Mabar yang dibacakan oleh Kasad Bimas, Iptu Hajairin.

Selain Iptu Hajairin, kegiatan tersebut juga
dihadiri oleh Camat Macang Pacar, Sarimin Malonde, Kapolsek Macang Pacar, Ipda Eka Dharma Yudha, Perwakilan Danramil 1612 Macang Pacar, Sertu Samsudin, Kepala Desa Bari Mohamad Ali Ismail serta perwakilan tokoh Agama, tokoh pendidik, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

BACA  Dugaan Oknum DPRD Manggarai Berbuat Mesum di Kantor, Ini Inisialnya

Dengan adanya program tangguh Covid-19 itu, pemerintah diharapkan dapat bersinergi bersamaan aparat gabungan TNI-POLRI dan masyarakat untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 serta dampaknya.

“Melalui program ini, kita bahu-membahu memutuskan mata rantai covid 19 serta menekan dampak terhadap kelansungan hidup kita. Sehingga diperlukan kerjasama antara pemerintah, aparat dan masyarakat,” jelas Iptu Hajairin.

Kampung tangguh Covid-19 ini diharapkan
dapat menjadi wadah bersama untuk saling mengedukasi gerakan melawan Covid-19 dengan menerapkan pertokol kesehatan. “Lawan Covid-19, ingat 5M yaitu, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi yang berpotensi papar Covid-19,” ungkap Hajairin.

Pada saat itu, Camat Macang Pacar Sarimin Malonde mengapresiasi program kampung tangguh dari Kepolisian Republik Indonesia itu. Pihak kepolisian memiliki peran penting dalam memerangi wabah Covid-19 saat ini, “Atas nama pemerintah kecamatan Macang Pacar, Saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik program ini,” kata Sarimin.

BACA  Yustina Ndung: Deno-Madur Patut Duduki Posisi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai

Berperang melawan Covid-19 tidak hanya tugas pemerintah dan aparat TNI-POLRI tapi juga dukungan masyarakat, “Berbagai elemen perlu sama-sama bekerja wujudkan program ini agar bisa dilaksanakan secara maksimal. Harapannya, agar bisa bekerja sama sehingga program ini mencapai hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Program itu diharapkan mampu menekan dampak Covid-19 khususnya pada sektor ekonomi, ketahanan pangan, sosial, budaya, pendidikan dan kesehatan, “Dan memutus mata rantai Covid-19 mengingat kecamatan Macang Pacar yang memiliki pintu akses dari berbagai arah,” jelas Sarimin.

Laporan: Mas Bofas.