October 23, 2021

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Jelang Pekan Suci, Uskup Ruteng Instruksikan Pembatasan Pelayanan Pastoral

Demi mengakomodasi kehadiran umat pada perayaan yang dibatasi tersebut, Uskup Ruteng menghimbau agar jumlah perayaan misa dalam masa Pekan Suci ditambah.

ManggaraiPost, Ruteng – Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, kembali mengeluarkan instruksi pembatasan pelayanan pastoral gereja Katolik di seluruh wilayah administrasi Keuskupan Ruteng, Selasa (16/03/2021).

Pembatasan pelayanan pastoral ini dilakukan demi mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.



Dalam instruksi terbarunya terkait pelayanan pastoral selama pekan suci, Uskup Ruteng mengingatkan para imam, biarawan/wati dan seluruh umat Katolik di segenap wilayah Manggarai Raya untuk tetap melaksanakan kegiatan rohani dan pelayanan pastoral dengan mengikuti protokol kesehatan.



Seluruh perayaan selama pekan suci diinstruksikan untuk dilaksanakan secara sederhana dengan merujuk pada panduan perayaan pekan suci dalam masa pandemi yang dikeluarkan oleh Kongregasi Ibadat Ilahi tahun 2020.

BACA  Bonaventura Jemarut Berharap Distribusi BLT DD di Matim Tepat Sasaran

Selain itu, sejumlah ritus dalam perayaan selama pekan suci juga ditiadakan. Ritus-ritus yang tidak dilakukan antara lain; pembasuhan kaki pada perayaan Kamis Putih, cium salib pada Jumat Agung serta ritus cahaya pada perayaan Vigli dan Minggu Paskah.

Demi mengakomodasi kehadiran umat pada perayaan yang dibatasi tersebut, Uskup Ruteng menghimbau agar jumlah perayaan misa dalam masa Pekan Suci ditambah.

INSTRUKSI-2021-OK