January 25, 2022

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Kepala Kejari Manggarai, Bayu Sugiri: Kita Akan Transparan dalam Penanganan Korupsi

Peningkatan kinerja bukan hanya masalah kuantitas, tetapi yang lebih penting adalah masalah kualitas, seperti profesionalitas, integritas moral dan kepekaan terhadap aspirasi rasa keadilan yang berkembang dalam masyarakat.

ManggaraiPost, Ruteng – Kejaksaan Negeri Manggarai mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di halaman kantor Kejaksaan Manggarai, Selasa (16/3/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai, Bayu Sugiri, SH, menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari kesungguhan institusi dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya Korupsi disertai upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta reformasi birokrasi yang akuntabel di lingkungan Kejaksaan Negeri Manggarai.



“Pemberantasan korupsi merupakan upaya meningkatkan kinerja, tidak hanya demi mewujudkan reformasi birokrasi Kejaksaan yang merupakan target yang telah ditetapkan dalam membentuk institusi Kejaksaan yang modern, akan tetapi sudah menjadi keharusan yang utamanya adalah untuk dapat memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat di dalam penegakan supremasi hukum,” jelas Bayu dalam sambutannya.

BACA  Ketua Askonas Dipanggil PPK Proyek Dinas Pariwisata Manggarai

Menurutnya, tanpa komitmen dan keinginan yang kuat untuk mengembalikan martabat serta kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum, keadilan yang menjadi dambaan publik kita saat ini akan sulit untuk dicapai.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, lanjut Bayu, merupakan langkah awal dan bagian dari mensukseskan Reformasi Birokrasi, dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima dan memuaskan.

Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai, Bayu Sugiri, SH

Dengan pencanganan zona integritas ini, diharapkan terdapat perbaikan nyata di masa yang akan datang sebagai sebuah landasan yang kokoh. dengan integritas yang kokoh ini terwujudnya penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai dengan harapan masyarakat dapat terealisasi.

“Saya menegaskan bahwa Pencanangan Pembagunan Zona Integritas ini merupakan upaya penting kita bersama, karena mencerminkan tekad dan komitmen kita bersama untuk menjadikan Kejaksaan Negeri Manggarai menjadi zona yang berintegritas, sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani”, tegasnya.

BACA  Suzuki SBM Ruteng Gelar Promo Spesial Akhir Tahun, DP Murah Cashback Hingga Rp 30Juta

Bayu juga mengingatkan akan pentingnya profesionalisme yang terus dioptimalkan dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih serta mampu melayani publik secara netral serta berdedikasi.

“Saya merasa perlu mengingatkan, pentingnya peranan setiap pegawai di lingkungan Kejaksaan Negeri Manggarai dalam melaksanakan tugas, harus secara terus menerus meningkatkan mutu kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat. Tentunya peningkatan kinerja bukan hanya masalah kuantitas, tetapi yang lebih penting adalah masalah kualitas, seperti profesionalitas, integritas moral dan kepekaan terhadap aspirasi rasa keadilan yang berkembang dalam masyarakat”, ungkapnya.

Ditemui usai kegiatan, kepada awak media Bayu menjelaskan, selaras dengan pencanangan zona bebas korupsi dan birokrasi bersih, Kejaksaan Negeri Manggarai berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal kepada publik, akuntable dan berbasis IT (Information Technology) sehingga pelayanan lebih cepat dan terarah. Selain itu, penanganan korupsi juga akan transparan dalam penanganannya.

BACA  Seorang Warga Cibal Barat Dianiaya Hingga Luka Parah

“Saya masih dalam tahap konsolidasi, mempelajari beberapa pekerjaan yang memang sudah dikerjakan teman-teman sebelum saya melaksanakan tugas di sini; ada beberapa penanganan perkara yang memang akan kita lanjutkan,” terangnya.

Bayu melanjutkan, Kejari Manggarai akan mengembangkan sistem pelayanan yang memudahkan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan hukum sehingga tidak harus datang ke kejaksaan, tapi bisa menggunakan aplikasi tertentu atau juga melalui website.

“Nanti kita juga punya website. Masyarakat bisa mengupdate itu. Sehingga, saya yakin nanti bisa diketahui perkembangan penanganan perkara baik Pidum maupun penanganan perkara terkait korupsi,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan pencanangan zona integritas tersebut dihadiri oleh para Kasi, Kasubag, Pemeriksa, Kacabjari Manggarai di Reo dan para Pegawai di lingkungan Kejaksaan Negeri Manggarai.

Red