October 23, 2021

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

BPS Mencatat Gaji Tenaga Pendidik di NTT Terendah Nasional

Gaji tenaga kependidikan di NTT terendah dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

ManggaraiPost, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata upah pekerja jasa pendidikan di Nusa Tenggara Timur pada 2019 sebesar Rp 1,96 juta per bulan. Gaji tenaga pendidik tersebut merupakan yang terendah dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Sulawesi Barat menempati posisi kedua dengan rata-rata upah pekerja jasa pendidikan sebesar Rp 2,09 juta per bulan. Kemudian, rata-rata upah pekerja jasa pendidikan di Sumatera Selatan tercatat mencapai Rp 2,31 juta per bulan.



Di Jawa Timur, rata-rata upah pekerja jasa pendidikan mencapai Rp 2,33 juta per bulan. Sedangkan, rata-rata upah pekerja jasa pendidikan di Sumatera Utara sebesar Rp 2,4 juta per bulan.

BACA  Gubernur NTT : Gereja dan Pemerintah Wajib Berkolaborasi Bangun SDM



Secara nasional, rata-rata upah pekerja jasa pendidikan mencapai Rp 2,73 juta per bulan pada 2019. Jumlah itu masih di atas rata-rata upah pekerja dari seluruh lapangan pekerjaan utama yang sebesar Rp 2,6 juta per bulan.

Meski demikian, masih banyak guru honorer di berbagai wilayah Indonesia yang belum mendapatkan upah sebesar itu. Di NTT, misalnya, gaji guru dan tenaga kependidikan honorer hanya berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 750 ribu per bulannya.
(MP/Red)