October 23, 2021

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Instruksi Pastoral Keuskupan Ruteng, Umat Diimbau untuk Tidak Adakan Pesta

Pelayanan misa diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

ManggaraiPost, Ruteng – Menghadapi situasi terkini pandemi Covid-19 di wilayah Manggarai Raya, Vikjen Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar, Pr., mengeluarkan instruksi tentang Pembatasan Pelayanan Pastoral (PPP) yang diberlakukan sejak tanggal 12 Agustus hingga 30 Agustus 2021.

Instruksi pastoral bernomor 330/II.1.2/VIII/2021 itu menegaskan tentang pelayanan misa harian dan misa hari Minggu yang diadakan dengan membatasi kehadiran umat sebanyak 25% dari kapasitas ruangan. Selain itu, pelayanan misa diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.



Bayi, anak-anak dan para Lansia serta umat yang pernah melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19 hasil Rapid Antigen/Swab PCR diimbau untuk mengikuti Ekaristi dari rumah melalui live streaming Radio NG FM.

BACA  Jaga Stabilitas Keamanan, TNI Gelar Latihan Penanggulangan Terorisme



Untuk pelayanan misa nikah ditiadakan selama masa pembatasan pelayanan terkecuali bagi pernikahan yang telah dijadwalkan sebelumnya dan telah berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 setempat dapat dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Pelayanan pembaptisan, rapat-rapat DPP, dan pelayanan orang sakit juga dapat dilaksanakan dengan Prokes yang ketat. Sementara untuk misa pemakaman diminta untuk berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 setempat untuk menghindari kerumunan pada saat misa.

Romo Alfons mengimbau agar umat tidak melaksanakan acara adat atau pesta-pesta yang menimbulkan kerumunan. Umat diminta untuk tetap disiplin melaksanakan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas serta terlibat aktif dalam program vaksinasi Covid-19 nasional.

BACA  SMK Wae Rii Gelar Uji Kompetensi Konstruksi
Instruksi-12-Agustus-2021

Red