October 23, 2021

Manggarai Post

Gerbang Informasi Manggarai

Sekretaris Daerah Manggarai, Jahang Fansi Aldus. (Foto: MPost)

Realisasi Anggaran Covid-19 Manggarai Rendah, Kenapa Refocusing Anggaran

Persentase penyerapan anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai baru mencapai 3,56 persen dari total anggaran yang disiapkan.

ManggaraiPost, Ruteng – Berdasarkan Laporan Realisasi Belanja Tidak Terduga Penanganan Covid-19 se-Provinsi Nusa Tenggara Timur sesuai keadaan pada 31 Juli 2021, persentase penyerapan anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai baru mencapai 3,56 persen dari total anggaran yang disiapkan.

Dari alokasi anggaran sebesar Rp 45.142.413.293 rupiah, baru terpakai Rp 1.607.528.400 rupiah. Rendahnya angka realisasi anggaran Covid-19 ini rupanya terkait proses pencairan yang lambat karena harus menunggu Peraturan Bupati, sementara (Peraturan Bupati) Perbup penggunaan anggaran COVID-19 baru keluar pada 21 Juni 2021 lalu.



Dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis 26 Agustus 2021, Sekretaris Daerah Manggarai, Jahang Fansi Aldus mengatakan bahwa keadaan itu tidak hanya di Kabupaten Manggarai.

BACA  Donor Plasma Polri, Pengamat: Itu Bisa Jadi Teladan Lembaga Lain



“Tidak bermaksud membela diri hampir semua kabupaten mengalami ini. Apa Namanya, penyerapan dana covidmasih sangat rendah seperti Manggarai masih 3, 56% itu data sampai akhir Juli 2021,” katanya.

Berkaitan dengan keadaan tersebut, sejumlah pihak kemudian mempertanyakan Keputusan Bupati Manggarai, Heribertus G.L Nabit, tentang refocusing anggaran tahap kedua yang berimbas pada penghapusan 18 item kegiatan pembangunan seperti perbaikan jalan dan pembangunan irigasi.

Anggota DPRD dan PMKRI Ruteng pun lantang bersuara menolak keputusan tersebut. Alasan refocusing untuk penanganan Covid-19 menjadi tidak masuk akal. Dengan sisa anggaran penanganan Covid-19 hasil refocusing tahap pertama yang masih banyak, mengapa pemerintah perlu melakukan refocusing tahap kedua sebesar Rp18 miliar lebih.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »